Masyarakat Teluknaga Diminta Bantu Kelancaran Data PIS-PK

TELUKNAGA – Puskesmas Teluknaga menghimbau masyarakat di wilayah kerjanya mau bekerjasama dalam pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).
Kepala Puskesmas Teluknaga, drg Husna Meiyanti, Senin (9/4/2018), mengutarakan pendataan ini sangat penting dan berguna untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang diperlukan ke masa depannya, baik secara promotif maupun preventif.
“Sebab itu masyarakat harus mau bekerjasama untuk kelancaran pelaksanaannya…” harapnya.
Dituturkan pendataan dilakukan Petugas Puskesmas Teluknaga dengan mendatangi secara rumah ke rumah warga. Namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa keluarga awalnya menolak didata sehingga memerlukan waktu untuk penjelasan lebih lanjutnya.
“Dengan pendataan ini sendiri diharapkan akan ditemukan permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat, baik yang sakit maupun yang beresiko sakit, sehingga dapat diberikan intervensi penanganan awalnya,” ujar drg Husna Meiyanti.
Dengan data yang ada pula nantinya pelayanan yang diberikan akan benar-benar sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat. “Pendataan inipun dapat berfungsi untuk berusaha meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan.”
Dijelaskan drg Husna Meiyanti program pendataan PIS-PK di wilayah kerja Puskesmas Teluknaga sudah dimulai sejak Maret 2018. Target pertamanya meliputi 4 desa dari 7 desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Teluknaga.