Sampai 2017 Tercatat 15 RS Telah Lulus Akreditasi

TIGARAKSA – Sampai tahun 2017, tercatat sebanyak 15 rumah sakit (RS) di wilayah Kabupaten Tangerang telah dinyatakan lulus akreditasi. Diharapkan dengan akreditasi ini maka masyarakat yang berobat ke RS tersebut akan mendapat layanan berstandar baik dari RS  bersangkutan.
Ke-15 RS tersebut adalah: (1) RSU Tangerang; (2) RSUD Balaraja; (3) RS Siloam Hospital; (4) RS Betshaida Hospital; (5) RS St Carolus Sumarecon dengan Kategori Kelulusan Paripurna; (6) RS Ciputra Hospital; (7) RS Qodar dengan Kategori Kelulusan Utama.
(8) RSIA Bunda Sejahtera; (9) RSIA Murni Asih; (10) RS Permata Hati; (11) RS Selaras Cisauk; (12) RS Selaras Cikupa; (13) RS Mulia Insani; (14) RSIA Keluarga Kita, (15) RS Suci Paramita dengan Kategori Kelulusan perdana. 
Nur Qomariah SKM MMKes, Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Swasta pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Selasa (13/3/2018), mengutarakan pelaksanaan akreditasi bagi ke-15 RS itu dilakukan sejak tahun 2014. Dimulai dari mempersiapkan dokumen yang dipersyaratkan untuk RS meraih akreditas.
Setelah itu, para pihak RS mendapat bimbingan dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yaitu tim independen yang dibentuk Kemenkes RI. RS dibimbing agar mampu mempersiapkan semua sarana-prasarana, mulai dari peralatan rumah rumah sakit sampai kualitas layanan RS.
Kemampuan menyediakan sarana-prasarana sampai kinerja terbaik dalam pelayanan RS ini sesuai dengan butir-butir dalam Permenkes RI 56 Tahun 2014, ungkap Nur Qomariah SKM MMKes.
Setelah diperiksa dokumennya, lalu memasuki tahap berikutnya, berupa pembimbingan implementasi RS. Proses persiapan akreditasi ini bisa memakan  waktu 1-2 tahun. Di tahapan akhir, RS mendapat penilaian dari tim. Bila dinyatakan baik, maka RS itu bisa mengajukan akreditasi RS-nya.
KARS sendiri telah menetapkan kriteria kelulusan akreditasi rumah sakit, terdiri dari lulusan tingkat dasar, lulusan tingkat madya, lulusan tingkat utama, dan lulusan tingkat paripurna.
Di tahun 2018, tutur Nur Qomariah SKM MMKes, akan ada dua rumah sakit di Kabupaten Tangerang yang dinyatakan sudah siap untuk diakreditasi, yaitu RS Hermina Bitung dan RS Mitra Husada Teluknaga.
Ditambahkan Nur Qomariah SKM MMKes, akreditasi RS adalah pengakuan yang diberikan lembaga independen penyelenggaran akreditasi setelah RS itu memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan sebagai jaminan penyelenggaraan RS yang baik sesuai standar prosedur operasional, standar pelayanan medis, dan standar asuhan keperawatan.
Akreditasi pun selanjutnya menjadi salah-satu persyaratan wajib RS untuk memperpanjang izin pelayanannya. Sekaligus sebagai pertanda bagi masyarakat RS bersangkutan sudah terkategori baik sesuai peraturan yang ada.