Disosialisasi Keterbukaan Informasi Publik bagi UPT Puskesmas

CURUG – Memberikan penguatan kepada para kepala UPT puskesmas se-Kabupaten Tangerang dalam memberikan informasi publik secara baik, Seksi SDMK, Data dan Informasi pada Bidang Sumberdaya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di Dinkes Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Untuk Puskesmas se-Kabupaten Tangerang.

Acara berlangsung di Aula Paragonbiz Hotel, Senin (12/3/2018), menampilkan sejumlah narasumber. Di antaranya Achmad Nashrudin P SIO MSi, Pejabat Dindik Provinsi Banten, yang menyampaikan materi Peran dan Fungsi PPID. Lalu, Drs Erman Anom MM PhD, Ketua Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta menyampaikan  materi SOP Penyelenggaraan Informasi Publik.

Kepala Seksi SDMK Data dan Informasi Bidang Informasi dan Pemberdayaan Masyarakat, dr Muh Jusran Jufri MM.Kes sebagai pelaksana kegiatan, berharap dengan adanya kegiatan ini para PPID mendapat pembekalan mengenai dasar hukum tetang keterbukaan informasi publik.

Ini penting karena PPID di kesehariannya bisa saja bersinggungan dengan adanya permintaan untuk memberikan keterangan atau informasi tertentu yang diharapkan jurnalis, LSM, ataupun pihak lainnya.

Para PPID secara hukum bisa memilah mana informasi yang bisa diberikan sesuai permintaan, tetapi juga bisa memilih tidak bisa memberikan informasi yang diminta. PPID mempunyai hak untuk menolak memberikan informasi tertentu, sesuai dengan ketetapan undang-undang yang berlaku.

Misalnya, PPID dapat memberikan keterangan kesehatan pasien tetapi tidak bisa memberikan data pasien, kecuali terkait dengan kedinasan.