Puskesmas Kelapa Dua Bina Lingkungan RW 07 Ikuti Lomba PHBS

 KELAPA DUA – Petugas Promkes Puskesmas Kelapa Dua kini sibuk melakukan pembinaan kesehatan lingkungan secara intensif kepada warga RT 03/RW 07 Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, terkait telah dibangunnya Saung Tempat Merokok sebagai lokasi unggulan Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018.
Wilayah ini memang sejak 2014 telah mendapat pembinaan dari para petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Kelapa Dua untuk terus menjaga kesehatan lingkungannya, di antaranya dengan warganya tidak merokok di dalam rumah.
Penjagaan kualitas lingkungan yang sehat ini telah disepakati para pengurus RT dan warga. Terkait itu, mereka pun bersepakat pula membangun sebuah saung untuk merokok yang berada jauh dari lingkungan rumah. Ke saung inilah warga perokok akan merokok.
Yulia Minarti SKM, Petugas Promkes Puskesmas Kelapa Dua, Kamis (11/1/2018), menjelaskan di wilayah RW 07 ini sebagian besar masyarakatnya memang telah memiliki kesadaran yang cukup tinggi tentang kesehatan lingkungannya.
“Sehingga saat Lurah Kelapa Dua, Dadang, mengajak warga tidak merokok di dalam rumah ditandai tidak ada asbak di dalam rumah, mereka pun setuju…” paparnya.
Diakui Yulia Minarti SKM lingkungan RW 07 Kelapa Dua selain memiliki Saung Merokok, lingkungannya juga terkategori bersih, rapih, dan hijau dengan sebagian besar warganya memiliki tanaman toga di halaman rumah, serta telah memiliki komposter yang dikelola warga.
“Awalnya pembinaan di wilayah ini bukan untuk diikutkan dalam lomba, tetapi untuk melaksanakan PHBS lingkungan agar terhindar dari penyakit,” ungkapnya.
 
LINGKUNGAN ANDALAN
Riana Putri, Ketua PKK Kelurahan Kelapa Dua, mengakui lingkungan RW 07 menjadi wilayah binaan yang diandalkan untuk mengikuti Lomba PHBS Tingkat Provinsi Banten. “Alhamdulillah warga, pengurus RT/RW, dan kader kesehatan di sini mau dibina pihak puskesmas.”
Sebab itu diharapkan lingkungan ini bisa membawa nama baik wilayah sampai ke Tingkat Nasional, serupa Kampung Toga di RW 06 Kepala Dua yang telah dikenal skala nasional.
“Semoga saja mendapat hasil terbaik dari Lomba PHBS sesuai harapan semua pihak…” pungkas Riana Putri.