Penanganan Pasien Gangguan Jiwa Unggulan Puskesmas Pasir Jaya

CIKUPA – Petugas Puskesmas Pasir Jaya di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, sejak tahun 2017 hingga kini terus melakukan penangan pasien gangguan jiwa yang pengobatannya dilakukan melalui kunjungan ke rumah-rumah pasien.
Kepala Puskesmas Pasir Jaya, dr Ai Siti Zakiah, Jumat (5/12/2018), menginformasikan hingga kini tercatat ada 34 pasien gangguan jiwa yang telah ditangani puskesmasnya, terdiri dari 26 pasien ODGJ dan 8 ODMK. “Semua pasien itu ditangani puskesmas, tidak ada yang dirujuk ke RSJ.”
Disyukuri sejak penanganannya sudah banyak pasien yang mengalami perubahan. Di antaranya 2 pasien gangguan jiwa yang sebelumnya dipasung keluarganya karena sering ngamuk dan kabur-kaburan, kini sudah tidak lagi diperlukan pemasungan.
Ada pula pasien yang tidak mau mandi sehingga badan dan ruangannya menjadi bau dan kotor, kini sudah mau mandi dan ruangannya juga selalu dibersihkan.
Dampak positifnya bila sebelumnya banyak warga merasa malu dan tertutup bila anggota keluarganya yang mengalami penyakit jiwa, kini mereka tak lagi serupa itu. Kini masyarakat mulai membuka diri kepada pihak puskesmas untuk mendapatkan informasi tentang pengobatan keluarganya yang sakit jiwa.
Kepala Puskesmas Pasir Jaya mengakui dalam penanganan kasus penyakit ganguan jiwa, pihaknya selalu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis jiwa dari RSU Balaraja.
 
PROGRAM UNGGULAN
Pengobatan gangguan jiwa yang dilaksanakan jajaran Puskesmas Pasir Jaya kini menjadi program unggulan layanan yang disebabkan banyak pasien yang mendapatkan Penanganan puskesmas ini mulai berangsur-angsur menunjukan perubahan kesembuhan.
“Kami bersyukur telah mendapat kepercayaan masyarakat dalam menangani pasien penyakit jiwa,” kata dr Ai Siti Zakiah.
Namun begitu, diharapkan masyarakat bisa terus dapat membantu jajaran Puskesmas Pasir Jaya untuk dapat memberi pelayanan yang lebih baik lagi. “Ingat pengobatan lebih cepat, bisa cepat pula menyembuhkan pasien gangguan jiwa.”
Pukesmas Pasir Jaya sendiri memiliki wilayah kerja meliputi Desa Pasir Jaya, Desa Sukadami, Desa Pasir Gadung dan Kelurahan Bunder.