Puskesmas Pasarkemis Himbau Orangtua Ajak Anaknya Diimunisasi Difteri

PASARKEMIS – Puskesmas Pasarkemis di Kabupaten Tangerang menghimbau para orangtua untuk membawa putra-putrinya yang berusia di bawah 19 tahun untuk mendapat Imunisasi Difteri.
Kepala Puskesmas Pasarkemis, dr Hj Salwah, akhir pekan kedua Desember 2017, mengutarakan para orangtua bisa membawa putra-putri mereka ke puskesmas atau posko-posko pelayanan Imunisasi Difteri agar memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit Difteri.
“Jangan lupa sampaikan usia anak kepada para petugas karena vaksin yang diberikan berbeda-beda,” katanya. Vaksin berwarna hijau tua untuk dewasa, hijau muda di atas usia 5 tahun, dan ungu dibawah 5 tahun.
Hj Salwah menambahkan sampai saat ini pihaknya bersama dinas dan aparat terkait terus melakukan sosialisasi, termasuk pemasangan spanduk mengajak masyarakat turut membantu mencegah Difteri dengan mengikuti program pemerintah.
Diakuinya pada 11 September lalu, pihaknya melakukan penanganan cepat saat ada kasus penderita Difteri. Pasien yang baru 1 bulan tinggal di wilayah Pasarkemis datang berobat batuk pilek yang terindikasi terkena Difteri. “Petugas langsung mengambil langkah memberikan rujukan berobat ke RSU Tangerang dan segera ditangani dengan mendapat perawatan khusus.”
Disebabkan cepat dan tertangani dengan baik, kini pasien sudah dapat beraktifitas kembali.
Kepala Puskesmas Pasarkemis menjelaskan di wilayah kerjanya ada dua orang suspect Difteri, yaitu satu di Kelurahan Pasarkemis yang berusia 8 tahun dan satu di Desa Sukamantri berusia 22 tahun. Keduanya telah mendapat penanganan cepat sehingga dapat disembuhkan.
Terkait itu pula, para petugas langsung menggelar pemberian obat pada keluarga dan lingkungan terdekat dan melakukan penyelidikan epidemiologi. Selanjutnya segera dilakukan pelaksanaan Imunisasi Difteri di posyandu-posyandu, kantor desa dan kantor sekretariat RT/RW.
Sebelumnya puskesmas pun telah menggelar imuniasi ke sekolah-sekolah dan akan dilanjutkan pasca libur sekolah.