KAM Jamblang Kelapa Dua Juara Nasional Lomba Toga-Akupresur

KELAPA DUA – Kelompok Asuhan Mandiri (KAM) Jamblang RT 05/RW 06 Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, menjadi Juara I Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Melalui Pemanfaatan Toga dan Akupresur Tahun 2017 dalam Kategori Kawasan Perkotaan.

Sontak prestasi lomba tingkat nasional dengan sertifikat Juara I ditandatangani Menteri Kesehatan RI, Prof DR dr Nila Farid A. Moeloek Sp.M (K) tertanggal 7 Nopember 2017 membuat bangga Pemkab Tangerang, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Puskesmas Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kelurahan Kelapa Dua, dan elemen masyarakat Kelapa Dua.

Yulia Minarty SKM, Pemegang Program Kesling pada Puskesmas Kelapa Dua, Senin (13/11/2017), mengucapkan syukur karena pada akhirnya pembinaan yang dilakukan jajarannya bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan dinas terkait lainnya, membuahkan hasil memuaskan.

“Semua ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama dukungan para kader dan masyarakat yang kompak dan bersemangat tinggi menjaga lingkungan yang sehat,” katanya.

Diakui pihaknya hanya melakukan pembinaan tata-cara pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam tanaman obat dan cara pengolahannya, namun semangat para kader di Kelompok Jamblang yang mampu mewujudkan Taman Toga dan Akupresur secara maksimal.

Taman yang dikembangkan mereka memang mampu dimanfaatkan secara baik pula, di antaranya dalam pembuatan Jamu Beras Kencur, Wedang Sinom, Es Mentimun, Puding Naga, Wedang Sereh, dan Minyak Sereh.

“Bahkan beberapa tanaman jenis lainnya dapat dijadikan produksi makanan, minuman, serta minyak boreh untuk kesehatan tubuh,” papar Yulia Minarty SKM.

Lebih jauh, Kelompok Asuhan Mandiri Jamblang pun mampu pula mengembangkan diri dalam keterampilan Pijat Akupresur. Pijat yang dibina Puskesmas Kelapa Dua ini dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama pada pasien sebelum meminum obat dokter.

Sementara dr Radianti Bulan Merliana, Kepala Puskesmas Kelapa Dua, mengakui buah yang baik ini hasil kerjasama semua pihak dengan baik pula. “Semoga prestasi juara nasional ini bisa memotivasi kelompok-kelompok lainnya untuk  melakukan hal yang sama.”

Ya setidaknya, paparnya, kelompok mandiri itu dapat menjaga lingkungannya yang bersih dan sehat. Selanjutnya para kader dan masyarakat mau dibina untuk membuka lahan toga. “Kami siap memberikan pembinaannya.”

Direncanakan tahun depan, para Kader Kelompok Jamblang akan dijadikan tutor untuk memperluas pembinaan kelompok asuhan mandiri ke wilayah-wilayah lain di bawah binaan Puskesmas Kelapa Dua.

“Kami para petugas kesehatan dari puskesmas siap memberi pendampingannya. Semisal pembinaan di RT 05/RW 05 dan RT 03/RW 07 Kelapa Dua, yang saat ini sudah siap untuk dibina,” pungkas dr Radianti Bulan Merliana.