Murid 22 SD Ikuti Pelatihan Dokcil di Puskesmas Tigaraksa

TIGARAKSA – Menyukseskan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat, Petugas Puskesmas Tigaraksa menggelar Pelatihan Dokter Kecil (Dokcil) bagi murid kelas 3 sampai 5 dari 22 SD negeri dan swasta di wilayah kerjanya.

Pelatihan bekerja-sama dengan elemen masyarakat ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Tigaraksa pada akhir Oktober 2017. Jalannya pelatihan sendiri diwarnai pemaparan materi dokter kecil dengan penuh keceriaan sehingga suasana menjadi santai.

Tak sedikit pula peserta bertanya tentang materi yang disampaikan untuk pemahaman lebih jauhnya yang dijawab dengan tuntas para tutor yang memberi pelatihan dengan gamblang.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS,  menuturkan kegiatan Pelatihan Dokcil bertujuan mendapatkan kader-kader kesehatan di setiap lingkungan sekolah dasar. “Diharapkan nantinya para kader terlatih ini bisa memberikan informasi kesehatan kepada teman-teman di kelas maupun sekolahnya.”

Pelatihan yang diberikan sendiri di antaranya tentang pemahaman PHBS, tata-cara menjaga dan melakukan kebersihan di lingkungan kelas dan sekolah, serta menjaga kesehatan diri.

Semisal tata-cara menggunakan air bersih saat mandi dan mencuci, membiasakan diri mencuci tangan dengan air bersih, menggunakan sabun, dan dengan air yang mengalir/pancuran/kran.

Lalu membiasakan buang air besar (BAB) di jamban, jangan di saluran air/tanah lapang (kebun), serta melakukan pembersihan di tempat-tempat penampungan air sekali dalam seminggu.

Ditambahkan drg Hj Eko Hartati MARS nantinya para peserta pelatihan akan mendapat Sertifikat Dokter Kecil dari Puskesmas Tigaraksa. Sementara untuk program lanjutannya, nantinya disetiap sekolah akan diminta menyiapkan kader dokcil untuk dilatih di sekolah.

Dijelaskan PHBS bila dilakukan berdasarkan kesadaran, maka dapat menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Bahkan bila diri, rumah dan lingkungan sudah sehat, maka jiwa pun akan menjadi sehat, tenteram, tenang, dan nyaman.

Ini sesuai dengan pepatah, “Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat.”