Kedatangan LKJN 4 ODHA Bahan Sosialisasi Pemahaman HIV/AIDS

TIGARAKSA – Bertepatan penyambutan kedatangan pelaku Langkah Kaki Jelajah Negeri (LKJN) dari ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dari Kabupaten Serang ke Kabupaten Tangerang, momentum ini dimanfaatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang untuk menyosialisasikan pemahaman HIV/AIDS kepada masyarakat.

Pelaku LKJN sebanyak 4 ODHA yang tiba di Jayanti, Kabupaten Tangerang, pukul 15.30 disambut meriah masyarakat dan Kelompok Dampingan Sebaya (KDS) Kabupaten Tangerang, para pengurus KPA Kabupaten Tangerang, dan Kepala Puskemas Jayanti, Puskemas Gembong, dan Puskesmas Balaraja.

Sontak acara penyambutan ini menjadi bagian dari sosialisasi pemahaman HIV/AIDS kepada masyarakat yang datang menyambut dan menyaksikannya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tirmiji MARS, Selasa (31/10/2017), mengakui pihaknya apresiasi kegiatan di atas karena akan mendorong masyarakat untuk bisa lebih mengenal penyakit HIV/AIDS yang sampai saat ini belum ada obatnya sehingga mereka harus bisa mencegah agar tak terjangkit.

“Selain itu, kegiatan ini memberi penyadaran bahwa penderita HIV/AIDS juga bisa beraktivitas seperti orang normal biasa,” katanya. Untuk itu, diharapkan masyarakat juga bisa menerima para penderita HIV/AIDS kembali bermasyarakat dan jangan dikucilkan.

“Dengan adanya ODHA, bisa membantu kita melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS di wilayah. Kenapa demikian, karena dengan adanya jaringan ODHA, mereka bisa membantu mengajak para penderita lainnya untuk mau melakukan pengobatan secara rutin, sebelum terlambat, sehingga tidak sampai menular kepada orang lain,” ucapnya.

Aksi Langkah Kaki Jelajah Negri sendiri, diinformasikan, dimaksudkan menyosialisasikan ODHA agar dapat kembali diterima masyarakat. Kelompok pejalan kaki ini berjumlah 4 orang, yaitu Wijianto (Cah Gareng), Sandy Bong, Hendri Budi U dan  M Mujib.

Mereka menggelar aksi ini untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan dengan berjalan kaki keliling Indonesia.

Kelompok pejalan kaki ini mulai perjalanan di Banten dari Merak, Kota Cilegon pada 28 Oktober, lalu menuju Alun-Alun Kramatwatu Kabupaten Serang. Tanggal 29 Oktober menuju Alun Alun Kota Serang, Tanggal 30 Oktober menuju Kabupaten Tangerang diterima di Jayanti.

Selanjutnya dari tanggal 31 Oktober-1 November beristirahan di Kantor Sekretariat Yayasan Bina Muda Gemilang Balaraja. Tanggal 2 November berangkat menuju Jatiuwung, Kota Tangerang. Tanggal 3–6 November beristirahat di wilayah Kota Tangerang dan mempersiapkan diri menuju Jakarta untuk bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga. Selanjutnya bertemu Presiden RI Joko Widodo.