Dinkes Gencarkan Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Remaja & Pelajar

PASARKEMIS – Memberi pembinaan tentang penanggulangan bahaya narkoba, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang memprogram Sosialisasi Penanggulangan dan Pengetahuan Bahaya Narkoba kepada remaja dan pelajar di wilayah dan sekolah-sekolah.

Kegiatan yang dilaksanakan Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten ini mendapat sambutan positif dari para remaja dan pelajar.

Hal ini misalnya terrekam saat pelaksanakan sosialisasi dan penyuluhan itu kepada 40 Pelajar SMK Nabila di Perumahan Taman Walet, Desa Sindangsari, Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang, belum lama ini.

Dalam sosialisasi ditampilkan sejumlah narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan pemaparan bentuk dan kerugian bila mengkonsumsi Napza serta efek samping dari para penggunanya.

Lalu dilanjutkan dengan dialog interaktif dari para peserta yang terlihat mendapat sambutan antusias para pelajar di sekolah itu.

H Mochamad Bachtiar, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Rabu (18/10/2017), memaparkan biasanya para remaja yang sudah kecanduan rokok, akan mulai yang mencoba-coba mengkonsumsi barang-barang terlarang.

Secara umum pemakaian barang-barang terlarang itu, tambahnya, disebabkan salah pergaulan dan ketidak-tahuan efek samping yang akan menghancurkan masa depan mereka. “Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang berupaya untuk terus mensosialisasikan hal ini sebagai penanggulangannya.”

Diharapkan dari sosialisasi ini para peserta mau menjadi kader remaja yang bisa memberikan penjelasan kepada teman-temannya di sekolah maupun di luar sekolah agar penanggulangan ini dapat tercapai.

Pemegang Program Kesehatan Remaja Puskesmas Pasarkemis, dr Harniarta, menambahkan pihak puskesmas saat ini telah memiliki klinik yang bisa dimanfaatkan para remaja untuk berkonsultasi mengenai kesehatan remaja, termasuk konsultasi tentang Nafza.

“Silahkan datang ke Puskesmas Pasarkemis pada setiap hari kerja. Jangan pernah takut atau malu bila ingin sembuh, rahasia terlindungi,” paparnya.