Sweeping Imunisasi MR di Mal SMS Hasilkan Tambahan 472 Anak

KELAPA DUA – Puskesmas Kelapa Dua selama 4 hari melakukan sweeping Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) dengan membuka Pos Pelayanan Imunisasi MR di Summarecon Mall Serpong (SMS), 12-15 Oktober 2017.

Dalam pelayanan itu, petugas berhasil menjaring 472 anak dan remaja yang langsung mendapatkan layanan Imunisasi MR di meja pelayanan yang berada di lantai 1 depan Toko Buku Gramedia dan Sports Station di Mal SMS.

Kepala Puskesmas Kelapa Dua, dr Radianti Bulan M Tobing, Selasa (17/10/2017), mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mendongkrak capaian Imunisasi MR di Kabupaten Tangerang maupun Propinsi Banten.    

“Kami melakukan di SMS karena intensitasnya banyak anak-anak dan remaja yang berkunjung ke tempat itu. Terbukti kita berhasil menambah capaian sebanyak 472 orang,” katanya.

Diakuinya kesuksesan kegiatan ini juga karena peranan dari pihak mal yang membantu mempromosikannya melalui media sosial.

Pelayanan dilakukan sejak pukul 10.00 hingga pukul 22.00, dengan dua tim petugas yang masing-masing tim terdiri dari 4 orang terdiri 1 dokter, 2 tenaga medis, dan 1 tenaga administrasi.

Warga pun antusias mengikuti kegiatan imunisasi ini dengan membawa anak-anaknya. Tidak hanya imunisasi, warga pun dilayani mengkonsultasi seputar kesehatan anak terkait imunisasi. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di wilayah kerja Puskesmas Kelapa Dua telah mendapatkan Imunisasi MR.

Ditambahkan Bidan Endang Lina Noviani, Koordinator Imunisasi pada Puskesmas Kelapa Dua, Imunisasi MR merupakan program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dimulai bulan Agustus dilaksanakan di sekolah-sekolah dan bulan September dilaksanakan di fasilitas kesehatan terdekat.

“Kemudian dilakukan perpanjangan selama dua minggu di bulan Oktober,” ujarnya.

Data dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenkes RI untuk wilayah kerja Puskesmas Kelapa Dua ditargetkan capaian imunisasi MR sebanyak 19.000 orang, namun hingga 16 Oktober 2017 tercatat telah mencapai 111 persen atau sedikitnya 22.161 orang.

Diinformasikan dalam kegiatan di mal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hj Desiriana Dinardianti berkesempatan hadir untuk meninjau pelaksanaannya.