Disosialisasi Imunisasi MR Massal Bagi Anak 9 Bulan-15 Tahun

CURUG – (18/7/2017) BLUD Puskesmas Curug menggelar Sosialisasi Pemberian Imunisasi MR (Measles dan Rubella) secara massal bagi anak usia 9 bulan sampai 15 tahun kepada masyarakat Kecamatan Curug di aula kantor kecamatan itu, Senin (17/7/2017).
Program dari Kementerian Kesehatan RI ini dilakukan untuk memutus transmisi penularan Virus Campak dan Rubella tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.
Sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui pelaksanaan Imunisasi MR massal yang diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus–September 2017.
Hadir dalam sosialisasi ini Camat Curug, jajaran Koramil Curug, Jajaran Polsek Curug, lurah, kepala desa, jajaran KUA Kecamatan Curug, perwakilan TK, SD, SMP dan kader posyandu.
Kepala Puskesmas Curug Dr H Achmad Muchlis MARS, menjelaskan penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan Virus Campak dan Rubella. Jenis virus ini dapat menular kepada anak dan orang dewasa yang belum mendapatkan imunisasi MR.
Penyakit yang ditimbulkan virus ini terkategori penyakit ringan, namun bila tertular kepada ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacadan pada bayi yang dilahirkan.
Muchlis menuturkan kecacadan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung, kerusakan jaringan otak, katarak, ketulian dan keterlambatan perkembangan, papar Muchlis.
Untuk gejala penyakit Rubella tidak spesifik, bahkan bisa tidak tampak gejalanya, karena gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata-merah dan nyeri persendian mirip gejala flu.
Sesuai rencana, ungkap Muchlis, pada tanggal 20 Juli akan dilakukan sosialisasi ke sekolah, posyandu dan dilanjutkan ke desa/kelurahan. Adapun target Imunisasi MR  di wilayah kerja BLUD Puskesmas Curug sebanyak 34 812 jiwa.
Pelaksanaan imunisasi MR sendiri pada bulan Agustus dengan tempat di sarana pendidikan baik TK, SD dan SMP. Sedangkan pada bulan September sasaran imunisasi ke desa-desa dan kelurahan.
Untuk pelaksanaan ini Puskesmas Curug sudah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari penjadwalan sosialisasi hingga pelaksanaan, serta persiapan pembuangan limbah bekas suntik, dan kapas bekas vaksin agar tidak tercecer.
Pelaksanaan kegiatan inipun sudah dilengkapi surat dari Mendagri, Kemenkes RI, Kementrian Agama RI dan Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2015 tentang Imunisasi Halal.