Diapresiasi Sopir Angkutan Lebaran Cek Kesehatan Sebelum Bekerja

TIGARAKSA – (5/7/2017)  Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang memberi apresiasi kepada para sopir angkutan lebaran yang mau memeriksakan kesehatannya sebelum bekerja membawa pemudik ke kampung halamanan dan balik kembali ke Tangerang.
“Saya bersyukur anjuran para sopir memeriksa kesehatannya sebelum berangkat mengantar pemudik dipatuhi…” tutur Mochamad Bachtiar SKM, Kepala Seksi Pencegahan, Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Selasa (4/7/2017).
Dengan kondisi kesehatan yang terjaga, tambahnya, para sopir bus mengantar mudik dan balik penumpang dengan mengendarai angkutannya secara baik sehingga membuat nyaman penumpang.
Pemeriksaan sendiri dilakukan Tim Dinkes Kabupaten Tangerang sejak menjelang lebaran sampai 7 hari pasca lebaran. Di antaranya dilakukan di pangkalan angkutan lebaran PO KJU Citra Raya, PO Rosalia Indah, PO Sinar Jaya, dan PO Garuda Mas.
Kegiatan dilakukan bersama jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang ini telah memeriksa kesehatan 86 sopir angkutan lebaran. Pemeriksaan meliputi tes kadar gula darah, kadar kolestrol, dan kadar hipertensi.
Hasil pemeriksaan, sebagian besar para sopir angkutan lebaran mengidap ketiga jenis kandungan bisa mengganggu kesehatan itu. Sebab itu, mereka pun dianjurkan melakukan terapi dan pengobatannya sebelum bekerja membawa kendaraan busnya. Anjuran inipun dipatuhi para sopir angkutan lebaran.
Langkah lanjutannya, para pemilik PO agar memerintahkan secara kontinyu para pengemudinya untuk melakukan kontrol kesehatannya di sarana kesehatan terdekat.
Langkah ini, ungkap Bachtiar, sangat penting untuk menjaga keselamatan para penumpang. Dikhatirkan saat mengemudi tekanan gula darah, kolestrol atau hipertensi tiba-tiba tinggi, sehingga bisa menggangu kenyamanan berkendara yang bisa saja berujung pada kecelakaan lalulintas.