Taman Toga Jamblang Ikuti Lomba Taman Toga Tingkat Nasional

KELAPA DUA – Setelah meraih Juara I Lomba Taman Toga Tingkat Propinsi Banten, Taman Toga Jamblang di RT 05/RW 06 Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dipersiapkan mengikuti Lomba Taman Toga Tingkat Nasional.

Terkait itu, 5 Anggota Tim Verifikasi Lomba Taman Toga Banten, Kamis (28/9/2017) mendatangi Taman Toga Jamblang untuk mempersiapkan taman toga ini mengikuti penilaian Lomba Taman Toga Tingkat Nasional.

Tim Banten ini memberikan pembinaan untuk perapihkan Taman Toga Jamblamg, baik dari sisi administrasi maupun kelengkapan tanaman toga yang ada.

Yulia Minarty SKM, Pemegang Program Kesling Puskesmas Kelapa Dua, mengakui para kader Taman Toga Jamblang secara terus-meneris telah mendapat pembinaan pihaknya, baik dari sisi pengisian administrasi kegiatan sampai pembinaan pengembangan akupresure. Tentunya dengan pembinaan lebih lanjut dari Tim Verifikasi Taman Toga Jamblang akan lebih baik lagi.

Tujuan pembinaan sendiri, kata Yulia, agar para kader pada langkah selanjutnya dapat melakukan pembinaan kepada warga dan pengembangan pengobatan akupresure yang lebih baik lagi.

Diakui kini di setiap pohon obat diberikan papan informasi kegunaan pohon obatnya berikut tata-cara pembuatannya. Saat ini terdapat sedikitnya 500 jenis tanaman obat yang dapat dimanfaatkan warga.

Bahkan, tambah Yulia, kini hampir di setiap rumah warga di RT 05/RW 06 Kelapa Dua telah memiliki tanaman obat di halaman rumahnya.

Terwujudnya komunitas taman toga ini berawal dari kesenangan para kader mengembangkan tanaman obat herbal dengan menanam pohon yang ada di sekitar rumah mereka, yang secara nyata dapat memberi penyembuhan sakit perut, magh, keseleo, luka, memar, sakit mata, sampai mengurangi penyakit dibetes.

“Selanjutnya para kader mengajak dan mengajarkan tata-cara menanam tanaman obat keluarga ini kepada warga lainnya dan mendapat respon positif,” papar Yulia.

Langkah berikutnya, banyak warga lalu mulai rajin mencari dan menanam jenis-jenis pohon obat lainnya yang didatangkan dari luar daerah. Di antaranya dari tanaman luar daerah kini dikembangkan minuman Wedang Sinom, Wedang Jahe, dan Wedang Sereh.

“Ternyata minuman ini banyak digemari warga untuk penghangat tubuh,” pungkasnya.