PONED Caringin Turunkan Angka Kematian Ibu Melahirkan

LEGOK – (31/1/2017) Meningkatkan pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), Puskesmas Caringin di Kecamatan Legok menggencarkan pembinaan kepada masyarakat dengan melibatkan bidan desa, kader posyandu, paraji dan para tokoh masyarakat.
Hal ini dilakukan untuk menekan angka kematian ibu dan anak saat dilahirkan, ungkap Bidan Diana, Pemegang Program PONED Puskesmas Caringin, Senin (30/1/2017). Untuk kelancaran program ini pihak puskesmas telah bekerja-sama dengan rumah sakit rujukan.
Disyukuri dengan gencarnya pembinaan, kini masyarakat 3 desa binaan puskesmas ini, yaitu Desa Caringin, Desa Cirarab dan Desa Kemuning dengan 22 posyandunya, mulai menempatkan layanan PONED untuk melakukan persalinan.
Tercatat di tahun 2016, layanan PONED Puskesmas Caringin mampu memberi layanan persalinan normal mencapai 253 ibu hamil dan 90 ibu hamil dirujuk ke rumah sakit rujukan karena mengalami beberapa indikator masalah yang tidak dapat ditangani di puskesmas. Semisal ketuban pecah dini, pasien bertensi tinggi, kejang-kejang, pendarahan, riwayat SC, memiliki Asma, dan beberapa indikator lainnya.
Sementara untuk tahun 2017, catatan di bulan Januari sudah terdapat 22 ibu hamil yang melahirkan di PONED dan 9 ibu hamil harus dirujuk ke rumah sakit. Pasien yang dirujuk ke rumah sakit, sebelumnya memang tercatat di PONED memiliki riwayat kehamilan dengan masalah, sehingga saat akan melahirkan langsung diantar ambulance puskesmas ke rumah sakit rujukan.
Maman Rachman SKM, Kepala Subbag TU Puskesmas Caringin, menambahkan terkait upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir, petugas Puskesmas Caringin pun telah membuka kelas ibu hamil. Program ini memberi bantuan pemeriksaan kesehatan kandungan ibu hamil di setiap bulannya.
Awalnya memang agak sulit untuk mengajak masyarakat untuk melahirkan di PONED dengan berbagai macam alasan. “Namun berkat keuletan para petugas dan para kader memberikan pembinaan kini masyarakat memahami keselamatan melahirkan di PONED.