Dirintis Rencana Pembentukan Posbindu PTM di Desa & Kelurahan

TIGARAKSA – Menyukseskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mulai merintis pembentukan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di desa-desa dan kelurahan di seluruh wilayah.
H Moch Bachtiar, Kasi PTM dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Rabu (20/9/2017), mengatakan data terkini Posbindu PTM yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang sebanyak 41 unit atau rata-rata di satu wilayah puskesmas ada satu Posbindu PTM.
Sementara di Kabupaten Tangerang terdapat sedikitnya 279 desa/kelurahan. Untuk itu, dinkes berencana akan melakukan sosialisasi secara intens kepada instansi-instansi yang ada agar dapat membentuk Posbindu PTM di tingkat desa/kelurahan.
Tentunya juga, perlu disiapkan sejumlah kader-kader wilayah yang mau dan mampu memberi perbantuan kesehatan masyarakatnya, sehingga bisa terselenggara Posbindu PTM di wilayahnya masing-masing. “Dinkes Kabupaten Tangerang sendiri siap memberi pembinaan intensifnya.”
Dijelaskan Bachtiar, Posbindu PTM adalah tempat yang menyediakan sejumlah peralatan seperti timbangan, alat ukur tekanan darah, alat ukur asam urat, alat ukur kolesterol, alat ukur gula darah, d.l.l.
Sejumlah peralatan tersebut dikemas dalam bentuk Posbindu Kit, seperti yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI kepada Posbindu PTM yang ada di Kelurahan Kuta Bumi saat Sosialisasi Germas di RW 05 Kelurahan Kuta Bumi, akhir Agustus lalu.
Posbindu ini berfungsi melakukan pengecekan kesehatan awal untuk mengetahui kondisi kesehatan warga. Baik dari tekanan darah, gula darah, kolesterol dan lain-lain. Posbindu PTM merupakan salah-satu upaya terdepan dalam menanggulangi penyakit tidak menular seperti darah tinggi, diabetes, stroke yang akhir-akhir ini trendnya terus mengalami peningkatan.
Dengan adanya Posbindu PTM diharapkan dapat terdeteksi sejak dini kesehtaan masyarakat sehingga penanganannya akan lebih mudah. Adapun yang menjadi sasaran dalam program Germas ini adalah warga usia 15 tahun ke atas.
“Di posbindu ini disediakan meja konsultasi untuk pembinaan peningkatan kesehatan atau jika perlu bisa dilakukan rujukan ke puskesmas terdekat apabila hasil pemeriksaan memerlukan penanganan lebih lanjut,” jelasnya.
Lebih lanjut diungkapkan ada dua wilayah kecamatan yang di setiap kelurahannya sudah ada Posbindu PTM yaitu Kecamatan Kelapa Dua dan Kecamatan Pagedangan. Ke depan Dinkes terus berupaya agar di seluruh desa/kelurahan minimal ada satu Posbindu PTM.