Cuaca Tak Menentu, Puksemas Suluh Waspada DBD

BALARAJA – Pergantian musim yang tidak menentu belakangan ini membuat jentik-jentik nyamuk Aedes Aegpyti mudah berkembang-biak menjadi nyamuk dewasa yang dapat mengakibatkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menyikapi hal ini, para Petugas Puskesmas Gembong pun kembali menggencarkan Sosialisasi Kewaspadaan Penyakit Demam Berdarah kapada warga di beberapa desa di wilayah kerjanya, yang menyertakan para kader kesehatan desa-desa yang ada.

Misalnya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan bagi masyarakat dan kader kesehatan Desa Sukamurni di bulan Oktober yang digelar di Aula Kantor Desa Sukamurni. Narasumber dr Ari Herdyanto, Petugas Puskesmas Gembong memberi paparan Sosialisasi Kewaspadaan DBD.

H Mad Yusuf SIP, Kasubbag TU Puskesmas Gembong, Selasa (25/10/2016), menekankan kepada para petugas untuk meningkatkan kewaspadaan. Oleh karena itu, para petugas segera kembali melakukan penyuluhan kepada warga.

Sekaligus menyerukan agar warga melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), baik di lingkungannya maupun di rumahnya masing-masing.

Warga pun diajak mau menjadi kader pemantau jentik di rumahnya masing-masing di setiap harinya, yaitu dengan memantau kemungkinan ada jentik nyamuk Aedes Aegypti di tempat-temapat penampungan air yang terbuka. Bila ditemukan ada jentik nyamuk itu, bisa segera menaburkan bubuk abate dan mengurasnya.

Penyuluhan ini akan terus dilakukan ke setiap desa untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan rumahnya maisng-masing agar terhindar dari bahaya DBD.