Disosialisasi Pemberian TTD bagi Pelajar Putri SMA/MA

TIGARAKSA – Sedikitnya 48 Kepala SMA dan sederajat se-Kabupaten Tangerang mengikuti Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi para pelajar putri di masing-masing sekolahnya.
Sosialisasi digelar Bidang Kesehatan Keluarga pada Dinkes Kabupaten Tangerang berlangsung di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Selasa (26/7/2016). Diagenda pelajar putri yang akan mendapat tablet tambah darah adalah para pelajar seluruh tingkatan, mulai kelas 10, 11, dan 12.
Hadir dalam sosialisasi ini narasumber dr Diyah Yuniar Stiawati SKM MPS, pejabat Direktorat Gizi Masyarakat Kemenkes RI, drg Hj Naniek Isnaeni Lestari M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan dr Hj Midrawati MM, Kepala Bidang Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan kabupaten Tangerang.
drg Hj Naniek Isnaeni Lestari M.kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengutarakan kegiatan ini akan dilaksanakan oleh para petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan para petugas kesehatan yang ada di puskesmas yang mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang dan jajaran sekolah.
Tujuannya mencegah dan menanggulangi anemia pada remaja putri yang seringkali terjadi dan perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk dapat menciptakan SDM yang berkualitas. “Peningkatan status kesehatan dan gizi para pelajar putri merupakan tanggung-jawab bersama antara orangtua dan keluarga yang mendapat dukungan dari semua pihak.”
Sisi lainnya, kegiatan inipun untuk mempersiapkan kondisi fisik remaja putri sebelum hamil agar pada saatnya menjadi ibu, dia memiliki kesehatan tubuh yanh baik sehingga saat hamil tidak mengalami anemia, ucap Hj Naniek.
Kegiatan ini sendiri sesuai dengan UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, PP No 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Pada 1000 HPK, Peraturan Bersama Antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan RI, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri RI No 6/X/PB/2014, No 18 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, Permenkes No 88 Tahun 2014 tentang Standar Tablet Tambah Darah Bagi Wanita Usia Subur dan Ibu Hamil.
Tujuan yang hendak dicapai dari pemberian tablet tambah darah ini adalah dapat meningkatkan gizi remaja putri agar dapat mencegah stunting dan anemia serta meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh agar dapat menumbuhkan generasi sehat berkualitas dan produktif.
dr Hj Midrawati MM, Kabid Kesehatan Keluarga pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menambahkan dalam kegiatan ini akan melibatkan komite sekolah, guru, pengurus OSIS dan siswi kelas 10 sampai 12. Untuk pengambilan sempel darah akan dilakukan pemeriksaan Hb remaja putri kepada 2.000 siswi dari 29 sekolah baik SMA maupun MA yang masing-masing sekolah 65-70 siswi.
Adapun pelaksanaannya, para siswi diminta membawa air minum sendiri karena akan diberikan tablet penambah darah. Pelaksanaannya sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Sekolah yang terlibat dalam pengambilan sempel Hb, yaitu MAN Tapos, SMAN 27 Kab Tangerang, SMAN 8 Kab Tangerang, MAN Balaraja, SMAN 4 Kab Tangerang, SMAN 28 Kab Tangerang, SMAN 22 Kab Tangerang, SMAN  7 Kab Tangerang, SMAN 29 Kab tangerang, SMAN 11 Kab tangerang, SMAN 25 Kab tangerang, SMAN 9 Kab Tangerang, SMAN 26 Kab Tangerang, SMAN 2 Kab Tangerang, SMAN 21 Kab Tangerang.
Lalu, SMAN 16 Kab Tangerang, SMAN 19 Kab Tangerang, SMAN 3 Kab Tangerang, SMAN 15 Kab Tangerang, SMAN 5 Kab Tangerang, SMAN 12 Kab Tangerang, SMAN 14 Kab Tangerang, SMAN 13 Kab Tangerang, SMAN 20 Kab Tangerang, SMAN 24 Kab Tangerang, SMAN 17 Kab Tangerang, SMAN 23 Kba Tangerang, SMAN 6 Kab Tangerang dan SMAN 10 Kab Tangerang.